RPP MIKRO
Bidang
studi : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Mata
pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Pokok
Bahasan : Ciri – ciri Makhluk Hidup
Kelas : 3
Semester : 1
Waktu : 15 menit
I. Ketrampilan yang dilatihkan : Menjelaskan.
Komponen ketrampilan
1. Menganalisa dan merencanakan
Yang berhubungan dengan isi pesan (materi)
- Menentukan jenis hubungan yang ada antara unsur-unsur
yang dikaitkan itu
-Menggunakan hukum, rumus dan generalisasi yang sesuai
dengan hubungan yang telah ditentukan
Yang berhubungan dengan penerima pesan (siswa)
- Merencanakan
kepada siapa penjelasan itu hendak disajikan
2. Menyajikan Suatu penjelasan
- Kejelasan
- Penggunaan contoh dan ilustrasi
-Pemberian tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya
mengajar dan struktur sajian
-Balikan
II. Catatan pengetahuan siswa
Siswa telah mengenal
jenis – jenis makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan.
III. Tujuan Umum Pembelajaran : (TUP) /Kompetensi Dasar (KD)
Mengidentifikasi ciri – ciri makhluk
hidup
IV. Tujuan Khusus Pembelajaran (TKP)
= indikator
Setelah
selesai dijelaskan, siswa dapat menyebutkan ciri – ciri makhluk hidup
V.
Materi Pelajaran
Ciri
– ciri makhluk hidup
1.
Memerlukan makanan
Manusia, binatang,dan tumbuhan memerlukan
makanan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Untuk kelangsungan
hidupnya, makhluk hidup memerlukan makanan yang cukup. Melalui makanan, makhluk
hidup memperoleh tenaga. Disamping itu zat makanan yang telah kita makan
digunakan untuk tumbuh, bergerak, dan memperbaiki bagian tubuh yang rusak.
2.
Bergerak
Semua makhluk hidup yang masih hidup itu
bergerak. Tumbuhan hanya dapat bergerak ditempat dan tidak dapat berpindah
tempat. Manusia dan hewan dapat bergerak dengan berpindah tempat.
3.
Tumbuh
Semua
makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Manusia mengalami pertumbuhan mulai bayi sampai menjadi manusia dewasa.
4.
Bernafas
Bernafas adalah menghirup oksigen dan mengeluarkan
karbondioksida. Oksigen
diperlukan tubuh dalam proses pembakaran zat makanan. Bernafas artinya menghirup udara segar dan menghembuskan udara kotor. Udara yang
segar baik untuk pernapasan,
karena banyak mengandung oksigen, misalkan pada pagi hari.
5.
Berkembang biak
Manusia,
hewan dantumbuhan selalu ada dan tidak akan pernah habis. Hal itu disebabkan
karena kemampuan makhluk hidup untuk mempunyai keturunan. Dengan menghasilkan
keturunan yang sejenis, maka makhluk hidup dapat terus melestarikan jenisnya.
Kemampuan makhluk hidup untuk mempunyai keturunan disebut berkembang biak.
IV.
Kegiatan Mengajar
No
|
Kegiatan
|
Komponen
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
1
|
Tahap pembukaan
Mengucapkan
salam, berdoa dan mengabsen siswa.
Apersepsi
: Mengapa kita harus makan setiap hari ? Apa fungsi makanan bagi tubuh kita ?
|
Menjawab
|
|
2
|
Tahap pengembangan
Menjelaskan kepada siswa bahwa semua makhluk hidup memerlukan makan, hal itu
termasuk dalam ciri – ciri makhluk hidup.
|
Mendengarkan
|
|
3
|
Memberikan
penjelaskan tentang ciri – ciri makhluk hidup lainnya seperti
Bergerak,Tumbuh, dan Berkembang biak disertai dengan penjelasan dan contoh
yang nyata.
|
Mendengarkan
|
Menggunakan Hukum,
Rumus, dan generalisasi (dalil) yang sesuai dengan hubungan yang telah ditentukan.
|
4
|
Menjelaskan alasan bahwa setiap
makhluk hidup termasuk manusia mempunyai ciri – ciri seperti di atas.
|
Mendengarkan
|
Kejelasan
|
5
|
Guru
menyuruh siswa menutup hidung lalu mempraktekan menghirup dan menghembuskan nafas.
Bertanya apakah pentingnya
kita bernafas ?
Manusia
bernafas menggunakan apa?
Dimana
letak organ tubuh itu?
Guru
memperjelas penyajian dengan memberikan penekanan dan keterkaitan dengan hal
lain.
*Disamping
itu bernafas menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, selanjutnya
oksigen tersebut diperlukan tubuh dalam proses pembakaran zat makanan,
kemudian pembakaran zat makanan menghasilkan energi ( tenaga ). Jadi energi
yang dihasilkan digunakan untuk beraktivitas.
|
Memperhatikan
Menjawab
|
Penggunaan
contoh dan ilustrasi
|
6
|
Melakukan pengulangan kembali tentang
ciri – ciri makhluk hidup disertai dengan penekanan pada pokok - pokok yang
penting.
|
Memperhatikan
|
Pemberian
tekanan
|
7
|
Mengajukan
pertanyaan pada siswa dan memberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
Menjawab
|
Balikan
|
8
|
Tahap penutupan
Menyimpulkan materi
|
Memperhatikan
|
VI. Alat dan sumber pelajaran
Alat : -
Sumber : buku paket IPA kelas 3 SD
VIII. Evaluasi
Dikerjakan
selama proses berlangsung
IX.
Kesan sesudah penyajian
X.
Kesan sesudah diskusi dengan pengamat
Surakarta, 10 Mei 2012
Pembimbing Nama calon guru
Drs.
Maryadi. M.Ag Ambar Nazala
Ambar, follow blogku ya...pinkyplb.blogspot.com
BalasHapusBet365 Casino Bonus Code December 2021 - Mapyro
BalasHapusBonus Code December 2021: CYBER. CASINO 이천 출장안마 BONUS CODE 2021. Bet365 Casino 충청남도 출장샵 Bonus Code for December 제주도 출장샵 2021 - Use 당진 출장마사지 Code PLAYBONUS for 화성 출장샵 $20 free!