Kamis, 10 Mei 2012

RPP Mikro Teaching


RPP MIKRO

                                    Bidang studi                           : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
                                    Mata pelajaran                         : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
                                    Pokok Bahasan                       : Ciri – ciri Makhluk Hidup
                                    Kelas                                       : 3
                                    Semester                                  : 1
                                    Waktu                                     : 15 menit


      I.  Ketrampilan yang dilatihkan : Menjelaskan.
       Komponen ketrampilan
       1. Menganalisa dan merencanakan
              Yang berhubungan dengan isi pesan (materi)
            - Menentukan jenis hubungan yang ada antara unsur-unsur yang dikaitkan itu
            -Menggunakan hukum, rumus dan generalisasi yang sesuai dengan   hubungan yang telah ditentukan
Yang berhubungan dengan penerima pesan (siswa)
             - Merencanakan kepada siapa penjelasan itu hendak disajikan
       2. Menyajikan  Suatu penjelasan
           - Kejelasan
           - Penggunaan contoh dan ilustrasi
-Pemberian tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya mengajar dan struktur sajian
-Balikan

     II.  Catatan pengetahuan siswa
   Siswa telah mengenal jenis – jenis makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan.


    III. Tujuan Umum Pembelajaran : (TUP) /Kompetensi Dasar (KD)
          Mengidentifikasi ciri – ciri makhluk hidup

    IV. Tujuan Khusus Pembelajaran (TKP)  = indikator
            Setelah selesai dijelaskan, siswa dapat menyebutkan ciri – ciri makhluk hidup

     V. Materi Pelajaran
         Ciri – ciri makhluk hidup
1. Memerlukan makanan
         Manusia, binatang,dan tumbuhan memerlukan makanan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Untuk kelangsungan hidupnya, makhluk hidup memerlukan makanan yang cukup. Melalui makanan, makhluk hidup memperoleh tenaga. Disamping itu zat makanan yang telah kita makan digunakan untuk tumbuh, bergerak, dan memperbaiki bagian tubuh yang rusak.
2. Bergerak
         Semua makhluk hidup yang masih hidup itu bergerak. Tumbuhan hanya dapat bergerak ditempat dan tidak dapat berpindah tempat. Manusia dan hewan dapat bergerak dengan berpindah tempat.
3. Tumbuh
         Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Manusia mengalami pertumbuhan  mulai bayi sampai menjadi manusia dewasa.
4. Bernafas
         Bernafas adalah menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Oksigen diperlukan tubuh dalam proses pembakaran zat makanan. Bernafas artinya menghirup udara segar dan menghembuskan udara kotor. Udara yang segar baik untuk pernapasan, karena banyak mengandung oksigen, misalkan pada pagi hari.
5. Berkembang biak
         Manusia, hewan dantumbuhan selalu ada dan tidak akan pernah habis. Hal itu disebabkan karena kemampuan makhluk hidup untuk mempunyai keturunan. Dengan menghasilkan keturunan yang sejenis, maka makhluk hidup dapat terus melestarikan jenisnya. Kemampuan makhluk hidup untuk mempunyai keturunan disebut berkembang biak.

    IV. Kegiatan Mengajar
No
Kegiatan
Komponen

Guru
Siswa

1
Tahap pembukaan
Mengucapkan salam, berdoa dan mengabsen siswa.
 Apersepsi : Mengapa kita harus makan setiap hari ? Apa fungsi makanan bagi tubuh kita ?

Menjawab

2
Tahap pengembangan
Menjelaskan kepada siswa bahwa semua makhluk hidup memerlukan makan, hal itu termasuk dalam ciri – ciri makhluk hidup.

Mendengarkan

3
Memberikan penjelaskan tentang ciri – ciri makhluk hidup lainnya seperti Bergerak,Tumbuh, dan Berkembang biak disertai dengan penjelasan dan contoh yang nyata.
Mendengarkan
Menggunakan Hukum, Rumus, dan generalisasi (dalil) yang sesuai dengan hubungan yang telah ditentukan.
4
Menjelaskan alasan bahwa setiap makhluk hidup termasuk manusia mempunyai ciri – ciri seperti di atas.
Mendengarkan
Kejelasan
5
Guru menyuruh siswa menutup hidung lalu mempraktekan menghirup dan menghembuskan nafas.
Bertanya apakah pentingnya kita bernafas ?   
Manusia bernafas menggunakan apa?
Dimana letak organ tubuh itu?
Guru memperjelas penyajian dengan memberikan penekanan dan keterkaitan dengan hal lain.
*Disamping itu bernafas menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, selanjutnya oksigen tersebut diperlukan tubuh dalam proses pembakaran zat makanan, kemudian pembakaran zat makanan menghasilkan energi ( tenaga ). Jadi energi yang dihasilkan digunakan untuk beraktivitas.

Memperhatikan
Menjawab
Penggunaan contoh dan ilustrasi
6
Melakukan pengulangan kembali tentang ciri – ciri makhluk hidup disertai dengan penekanan pada pokok - pokok yang penting.
Memperhatikan
Pemberian tekanan
7
Mengajukan pertanyaan pada siswa dan memberi kesempatan untuk menjawabnya.
Menjawab
Balikan
8
Tahap penutupan
Menyimpulkan materi
Memperhatikan







   VI. Alat dan sumber pelajaran
         Alat       : -
         Sumber : buku paket IPA kelas 3 SD
VIII. Evaluasi
         Dikerjakan selama proses berlangsung
   IX. Kesan sesudah penyajian

    X. Kesan sesudah diskusi dengan pengamat
                                                                                   


Surakarta, 10  Mei 2012                     
            

Pembimbing                                                                     Nama calon guru




                       
        Drs. Maryadi. M.Ag                                                              Ambar Nazala                                



































2 komentar:

  1. Ambar, follow blogku ya...pinkyplb.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Bet365 Casino Bonus Code December 2021 - Mapyro
    Bonus Code December 2021: CYBER. CASINO 이천 출장안마 BONUS CODE 2021. Bet365 Casino 충청남도 출장샵 Bonus Code for December 제주도 출장샵 2021 - Use 당진 출장마사지 Code PLAYBONUS for 화성 출장샵 $20 free!

    BalasHapus